Permasalahan Bangsa Indonesia

Prihatin, itulah yang mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan permasahan di berbagai bidang bangsa ini, baik dari rakyat, pemimpin, maupun pemerintahannya. Bahkan banyak masalah yang besar yang sudah di blow-up bertahun-tahun silam, kini hanya tinggal berita, belum terselesaikan.

Indonesia sebenarnya adalah negara yang besar, terdiri dari berbagai macam ras, suku, bangsa, dan agama. Indonesia juga terdiri dari beribu-ribu pulau yang tersebar di seluruh antero bumi pertiwi, belum lagi Sumber daya alam yang sangat sangat besar, akan besar juga manfaatnya kepeda rakyat apabila dimanfaatkan secara baik dan bijak. Jumlah sumber daya manusianya juga sangat besar.

Tetapi semua permasalahan tersebut hanya satu akarnya, yaitu kualitas sumber daya manusia kita, sumber daya manusia Indonesia. Bangsa Indonesia masih “lumayan” jauh ketinggalan dalam hal SDM, baik di tingkat ASEAN maupun di tingkat dunia. Menurut hasil survey “Human Development Resources 200” yang dilakukan terhadap 174 negara di seluruh penjuru dunia, Indonesia menempati peringkat ke-9, jauh dibawah Jepang yang berada di urutan ke-9, Singapura ke 24, dan Malaysia ke 76.

Bangsa Indonesia sebenarnya banyak yang menjadi cendekiawan, mendapatkan juara di kancah Internasional, akan tetapi hal tersebut kurang terdukung oleh teknologi yang masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lain.

Maka daripada itu, kita sebagai cendekiawan muda, kader pemimpin bangsa di masa mendatang, Bung Karno pernah berkata, “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Betapa besar kekuatan para pemuda untuk mengubah dunia.

Pendidikan karakter harus diterapkan mulai dari lingkup sosial terendah, yaitu keluarga, kemudian masyarakat, dan seterusnya. Dengan mengoptimalkan pendidikan karakter, tentu akan menghasilkan generasi muda penerus bangsa yang berkualitas, beretika, kreatif, dan inspiratif.

Itulah mengapa kualitas sumber daya manusia suatu bangsa, tergantung pada pendidikan karakter. Karena para pemuda lah yang sangat berkontribusi dalam membangun bangsa ini.

Mari, kita pemuda Indonesia, membangun bangsa ini, bangsa kita, Bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: