Literature Review dan Penyusunan Pra Proposal

“ Menemukan & menilai makalah SR terkini sesuai topik”

Senin, 23 Februari 2015

Dr. Rossi Sanusi MPA PhD

 

  1. Systematic review dan Meta Analysis

Pertanyaan dari ibu Dini :

èMeta analysis merupakan hasil dari data penelitian2 sebelumnya yang dikumpulkan dan diolah ulang, sehingga populasinya menjadi lebih besar dan kekuatan untuk menguji hipotesis menjadi lebih kuat. Meta analysis merupakan bagian dari systematic review.

Disebut dengan meta analysis apabila datanya kuantitatif dan disebut dengan meta ethnografi apabila datanya kualitatif.

Pada saat mencari masalah silahkan dilihat kesimpulan pada systematic review, apakah rekomendasinya action atau perlu dilakukan penelitian kembali.

  1. Literature Searching

èUntuk mencari makalah systematic review silahkan memasukkan kata kunci terkait permasalahan yang ingin diangkat pada search engine yang khusus untuk systematic review atau umum. Silahkan perhatikan kata kunci yang terdapat di bagian bawah abstract. Misalkan :

Maternal-Perinatal-Child-Health atau Maternal-Child-Health, Maternal-Mortality.

Silahkan mencari makalah pada situs-situs yang khusus menyediakan makalah systematic review, seperti Cochrane, Campbell. Situs untuk mencari makalah systematic review selain cochrane dan campbell itu ada banyak, silahkan ketikkan di Google kata kunci : systematic review website.

Perlu diperhatikan saat anda menggunakan mesin pencari yang memang tidak secara khusus menyediakan systematic review seperti Google atau Yahoo silahkan menambahkan kata “systematic-review” setelah kata kunci yang diinginkan.

  1. Batasan atau jangka waktu untuk Systematic review yang direkomendasikan

Pertanyaan dari Ibu Tri Nur Hidayati :

èUntuk batasan waktu systematic review sebenarnya tidak ada, jadi silahkan upayakan saudara menemukan yang seterkini mungkin. Biasanya penulis systematic review akan menggunakan data dari penelitian – penelitian sampai 2 tahun sebelum makalah Systematic review itu terbit. Misalkan begini, Systematic review dikeluarkan pada tahun 2005, maka makalah penelitian terakhir yang mereka olah adalah makalah tahun 2003. Jadi, tidak ada batasan waktu tapi intinya upayakan saudara menemukan yang seterkini mungkin.

Manfaat anda menggunakan systematic review yang seterkini mungkin adalah : 1) untuk mengindentifikasi masalah penelitian, silahkan dilihat pada bagian konklusi. Konklusi pada systematic review biasanya ada dua yaitu rekomendasi untuk action apabila bukti sudah kuat atau rekomendasi untuk melakukan penelitian kembali terkait masalah apabila bukti belum kuat.

2) manfaat menggunakan systematic review yang seterkini mungkin adalah untuk penulisan bab dua. Apabila makalahnya terlalu awal, anda harus mencari dan memasukkan lagi dalam bab 2 penelitian-penelitian yang terbaru setelahnya, misalkan systematic reviewnya keluar tahun 2005, maka makalah dari tahun 2003 sampai sekarang harus dicari dan direview juga, bisa review seadanya maupun review yang ketat. Jadi saudara mengumpulkan dulu makalah dari seluruh dunia untuk kemudian disaring sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi tertentu lalu kemudian anda melakukan critical appraisal, kemudian hasil makalah yang lolos critical appraisal datanya disentesa atau digabungkan.

  1. Pertanyaan Bapak Suhardi :

Menyikapi UU tentang keselamatan kerja, bagaimana kalau referensi yang saya gunakan dari tahun2 lama?

èJadi yang saudara cari itu bukan jurnal-jurnal atau makalah peneltian empirik individu tapi systematic review. Kata kuncinya yaitu menyangkut kepatuhan terkait dengan kebijakan. Ada 2 kelompok kata kunci yang bisa anda gunakan untuk mencari systematic review, yaitu occupational-health-and-safety. Karena satu kesatuan bisa menggunakan tanda strip (-) atau tanda kurung dan kemudian ditambahkan AND untuk menambahkan kata kunci yang kedua yaitu compliance /policy.

 

  1. Pertanyaan Ibu titik :

Untuk melakukan critical appraisal untuk systematic review dan meta analysis apakah formnya sama atau beda?

èForm untuk melakukan critical appraisal sudah ada di makalahnya Maureen Dobbin, jadi anda bisa gunakan untuk menilai systematic review, anda juga bisa membuat sendiri checklist dengan mengikuti flowchart dari systematic review. Misalkan chekclist dalam pengumpulan makalahnya, apakah penulis menggunakan kriteria tertentu dalam pencarian makalah, dll.

Jadi anda bisa menggunakan sytematic review biasa atau systematic review dengan meta analysis atau juga review dari systematic review.

  1. Disertasi yang menghasilkan systematic review

èApabila ada topik yang belum ada systematic reviewnya, anda bisa mengajukan proposal untuk membuat systematic review. Ini merupakan peluang bagi anda yaitu dengan membuat disertasi yang menghasilkan systematic review. Anda bisa melihat di BMC Open Access pada bagian journal yang mengenai systematic review, disitu terdapat proposal untuk melakukan systematic review dan juga hasil systematic reviewnya. Kenapa proposal systematic review sudah diterbitkan? karena agar tidak terjadi duplikasi. Ketika anda akan melakukan systematic review, anda harus mengumpulkan makalah-makalah yang sesuai topik dari seluruh dunia dengan kriteria yang sudah anda tentukan.

Ketika telah terkumpul kemudian anda seleksi lagi untuk dilakukan critical appraisal, lalu yang lolos dari critical appraisal disintesa atau diolah kembali.

  1. Pertanyaan Ibu Asri Hidayat

Intervensi Cognitive Behavioral Treatment untuk membuat persalinan nyaman?

èSaudara silahkan untuk membuka diri dalam menentukan “intervensi”, silahkan mencari dengan kata kunci prolong-labor systematic review, nanti akan keluar makalah-makalah systematic review mengenai prolong labor beserta intervensi-intervensi yang lainnya. Kemudian setelah itu silahkan mencari di situs systematic review dengan kata kunci prolong-labor AND intervensinya yang telah anda pilih, misalkan kognitif atau yang lainnya. Banyak intervensi lain yang juga menarik untuk diteliti.

  1. Pertanyaan Pak Sunarto

èUntuk menentukan masalah, bisa hanya dari sistematic review atau dari beberapa systematic review, anda bisa menggunakan beberapa systematic review untuk meningkatkan kualitas disertasi anda.

  1. Ibu Ernawati

èManajemen terpadu untuk mengatasi masalah akibat dari penambangan emas? Anda lebih baik shopping dulu apa yang telah diupayakan untuk menangani polusi mercury yang diakibatkan karena gold mining. Silahkan anda cari di Google mercury-gold-mining systematic review, nanti akan keluar makalah-makalah yang membahas keracunan mercury di pertambangan emas. Silahkan anda pergi ke situs web yang khusus mengenai systematic review dan yang tidak khusus mengenai systematic review. Jadi jangan langsung ke management, akrena pemecahannya bisa banyak, misal dari managerial atau dari teknologi atau dari masyarakatnya.

KESIMPULAN PERTEMUAN 1

Jadi output yang diharapkan dari pertemuan ini adalah anda sudah menemukan makalah systematic review, akan tetapi kalau bisa rumusan masalah penelitiannya bisa dibuat. Anda bisa menanyakan rumusan masalahnya ke saya (Dr. Rossi) melalui e-mail, makalahnya dilampirkan, dan anda sudah coba merumuskan masalah penelitiannya.

Jadi anda sebagai peneliti mempertanyakan hubungan suatu solusi dengan masalah praktisnya, apabila anda tidak ingin meneliti solusinya tapi titik angkap dari solusinya juga bisa, jadi penengah antara solusi dengan masalahnya. Jadi tidak selalu intervensi atau evaluasi dari intervensi, tp juga suatu yang menyebabkan suatu masalah. Misalnya tadi yang menyebabkan masalah polusi pada tambang emas tadi adalah miss management, jadi saudara ingin meneliti hubungan antara management dengan masalah itu tapi bisa dilanjutkan dengan intervensi apa yang dapat memperbaiki management itu. Atau tadi antara cognitive behavioral treatment dengan prolong labor. Anda tidak ingin meneliti hubungan intervensi, tapi anda ingin meneliti prolong labor itu apa penyebabnya. Misal penengahnya adalahnya kurangnya pengetahuan pada pihak ibu. Intervensinya yaitu cognitive behavioral treatment. Tapi apabila ingin diteliti intervensinya apakah berdaya guna atau tidak itu akan lebih baik, jadi bisa meneliti hubungan antara treatment itu dengan keadaan kognitif dan juga keadaaan atau keadaan pada persalinan, apabila hubungannya lemah, bisa dicari pada ibu kondisi yang bagaimana treatment semacam itu akan berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: